Monday, June 17, 2013

tips tips membuat dekorasi pernikahan

Jadikan Dekorasi Pernikahan Menarik Tapi Murah

Membuat dekorasi pernikahan yang bagus tentunya bukan hal yang murah biasanya harganya mahal, Bagaimana membuat dekorasi pernikahan menarik dengan harga yang terjangkau?, simak tips berikut:

1. Carilah alternatif lain untuk tidak menggunakan hiasan bunga saat resepsi. Tidak ada satu aturan pun yang mengatakan bahwa hiasan Pelaminan menggunakan bunga. Anda juga bisa menciptakan kreasi unik lainnya, contohnya dari bunga tiruan dan hiasan buah-buahan serta rangkaian janur yang cantik cantik dan klasik.

2. Jika terpaksa memakai bunga untuk hiasan meja tamu, sebaiknya cukup dengan merangkai bunga dalam vas kaca plus hiasan pitanya. Untuk menghias meja ini anda dapat memilih bunga yang kuncup, karena biasanya cukup tahan lama dibanding bunga yang sudah mekar.

3. Bunga anggrek dan mawar adalah bunga yang cantik dan harum,tetapi jika soal harganya anda bias “shock” mendengarnya apalagi menjelang hari-hari penting. Siasati dengan membeli beberapa tangkai kuncup mawar, letakkanlah setangkai mawar dalam vas untuk setiap meja disekelilingnya Anda juga bisa meletakkan lilin dengan sentuhan warna-warna bunga.

4. Sebaiknya hindari memesanan bunga pada hari-hari penting seperti hari natal, hari ibu, atau valentine’s day. Usahakan merencanakan acara resepsi terbebas dari hari-hari penting tersebut.

5. Maksimalkanlah menggunakan bunga pada hal yang penting saja seperti buket pengantin, korset pengantin pria, korset untuk ayah dan anggota keluarga lainnya. Dengan mengurangi penggunaan bunga pada hal yang perlu saja tentunya akan menghemat anggaran hingga 35%.

6. Jika acara resepsi dilangsungkan pada malam hari bunga yang anda pesan sebelum acara, bisa mekar segar dan harum sebelum jamuan makan malam, oleh karena itu biarkan rangkaian bunga dibungkus dalam kertas dan masukkanlah dalam kulkas agar tetap segar.

7. Bila Dekorasi Pelaminan sebaiknya pilihlah tema Perkawinan, artinya anda dapat menciptakan gaya khusus atau berkarakter untuk Dekorasi Pelaminan.

8. Pada saat menDekorasi Pelaminan pastikanlah orang-orang yang mendekorasinya dapat menyelaraskan warna bunga dengan sinar yang dipantulkan lampu. Hal ini penting sekali untuk seorang fotografer ketika menghasilkan foto yang terbaik untuk anda berdua pada saat berada di pelaminan.

9. Bila anda memutuskan untuk menata Dekorasi Pelaminan sendiri, agar pelaminan tampak unik tempatkanlah tanaman bonsai disekeliling pelaminan, untuk penataan yang lebih artistik. anda juga bisa menempatkan tanaman ini tepat disisi tangga pelaminan.

10. Dalam kondisi ini menyewa lebih baik daripada membeli. Anda dapat menyewa tanaman besar maupun kecil dalam pot, semak-semak atau pohon pinang-pinangan pada .
 Pernikahan, sebagai salah satu acara yang kebanyakan orang harapkan diselenggarakan 1 kali saja seumur hidup, merupakan acara sakral dan istimewa dalam hidup kamu. Sebagaian orang memilih untuk menyelenggarakan pesta pernikahan semaksimal mungkin 7 hari 7 malam di gedung mewah, namun ada juga yang memilih menyelenggarakannya secara sederhana di kafe, atau bahkan di rumah sang mempelai.
Tempat dimana kamu akan menyelenggarakan pesta pernikahan merupakan hal yang sangat penting, salah satu point awal yang harus ditentukan dalam rencana penyelenggaraan pesta. Namun dimana kamu mau menyelenggarakannya, itu terserah pilihan sang mempelai. Namun jangan sampai kamu salah memilih tempat karena akibatnya bisa fatal, tamu undangan tidak nyaman, terlambat, atau bahkan sedikit yang datang.
Untuk menghindari kesalahan pemilihan tempat pernikahan, berikut ini adalah tips memilih tempat pernikahan berdasarkan beberapa kriteria.

  1. Jumlah Undangan
  2. Salah satu point awal yang harus ditentukan dalam menyelenggarakan pesta pernikahan selain tempat adalah jumlah undangan. Jumlah undangan sangat berpengaruh dalam pemilihan tempat. Tempat yang kecil sedangkan jumlah undangan banyak tentu akan membuat tamu tidak nyaman, karena harus berdesak-desakkan. Sebaliknya, tempat yang besar sedangkan jumlah undangan sedikit, akan membuat acara terlihat sepi dan kosong, walaupun hal ini bisa diakali dengan penambahan dekorasi, yang tentu saja membutuhkan dana yang tidak sedikit.
    Untuk itulah kamu harus pintar memilih tempat pesta pernikahan dengan kapasitas yang sesuai dengan jumlah undangan. Rajin-rajinlah datang ke berbagai gedung (kalau ingin menyelenggarakan di gedung) untuk melihat secara langsung seberapa besar ruangan bagian dalam dan bagian luar (kalau ada). Kesesuaian jumlah undangan dengan kapasitas gedung tentunya akan menghemat anggaran pesta.
  3. Anggaran
  4. Semua pengantin ingin menyelenggarakan pesta di gedung yang besar dan mewah. Namun untuk menyelenggarakan pesta seperti itu pasti membutuhkan dana yang sangat besar. Jika dana terbatas, kamu harus pintar-pintar memilih dimana kamu akan menyelenggarakan pesta, di gedung bagus tapi lokasi kurang strategis, gedung agak tua tapi strategis, ataukah di rumah tapi pasti akan capek sekali setelah acara pesta.
    Idealnya kamu semua ingin di tempat yang murah, bagus, dan strategis. Adakah tempat seperti itu? Pasti ada kalau kamu rajin mencari tahu, dan jangan lupa manfaatkan promo yang biasanya selalu ada ketika pameran (wedding exhibition).
  5. Lokasi
  6. Lokasi tempat pernikahan terkadang menentukan mood seseorang untuk menghadiri pesta kamu atau tidak. Pilihlah tempat yang strategis sehingga bisa terjangkau dari semua kerabat kamu. Disini saya mendefinisikan tempat pesta yang strategis adalah yang dekat dengan pintu tol atau terletak di pusat.
    Carilah tempat pernikahan strategis yang sedekat mungkin dengan rumah karena kamu akan sering ke tempat ini untuk mengurusi acara kamu. Atau kalau rumah kamu memang strategis, kamu bisa saja menyelenggarakan pesta di rumah, namun tetap jangan dilupakan kriteria yang lain.
  7. Tempat Parkir
  8. Tempat parkir erat kaitannya dengan jumlah undangan yang akan datang ke pesta kamu. Kalau kamu mengundang cukup banyak orang, pilihlah tempat pesta dengan tempat parkir yang luas dan aman, sehingga para tamu undangan akan merasa nyaman, dan tidak buru-buru ketika menghadiri pesta kamu.
  9. Lokasi Ruangan
  10. Satu yang biasanya luput dalam memilih gedung adalah lokasi ruangan tempat pesta. Sebisa mungkin pilihlah gedung dengan ruangan pesta yang terletak di lantai dasar, apalagi jika tamu yang diundang cukup banyak. Jika ruangan terletak di lantai atas, lihat akses menuju kesana. Apakah cukup banyak lift (wajib jika terletak di lantai 3 ke atas), atau tangga eskalator tersedia untuk tamu undangan dari lantai dasar sampai ke lantai di mana ruangan pesta berada? Jika jawabannya iya, maka tidak masalah bila kamu memilih gedung tersebut.
Inti dari pemilihan gedung adalah membuat tamu nyaman datang ke acara kamu, sehingga kesan acara kamu yang 1 kali seumur hidup ini akan bagus dan dikenang. Tidak perlu mewah dan mahal, asal tau celahnya :)

Dekorasi Pelaminan Sederhana (Rumah 3meter)

Dekorasi Pelaminan di rumah tergantung dari tempat yang tersedia, sehingga tercipta dekorasi pelaminan yang menarik walaupun sederhana. Umumnya dekorasi pelaminan di rumah di letakkan di jalan depan rumah. Namun bagaimana dengan keterbatasan lebar jalan yang ada. Dikarenakan tempatnya terbatas hingga tidak membutuhkan banyak elemen dekorasi.

Pada tampilan dekorasi pelaminan  sederhana di rumah dengan lebar 3m pada foto diatas erlihat eksklusif. Dengan penggunaan beberapa elemen dekorasi yang dipadu dengan cermat sehingga tercipta suasana yang megah pada acara resepsi pernikahan di rumah dengan lebar hanya kurang lebih 3m. 
Pada  Dekorasi Pelaminan Sederhana ini dengan lebar dekorasi kurang lebih 3m menggunakan elemen utama gebyok ukiran kayu jati dengan warna coklat tua. Ukiran yang ada terasa kental tradisional Indonesia khususnya ukiran Jawa. Untuk background menggunakan kain warna kuning emas agar gebyok terlihat dominan. Warna kuning emas melambangkan kemegahan.

Penggunaan elemen rangkaian bunga beraneka warna yang diletakkan di atas gebyok terutama putih dan kuning dipadu unsur daun pillow serta daun palm terasa pas dengan elemen dekorasi yang ada. Penggunaan kursi pelaminan ukiran khas Madura-china nambah ekslusifnya dekorasi ini. Pada bagian kanan iri pelaminan diletakkan elemen standing flower yang terlihat cantik pada keseluruhan tema. Pada bagian depan juga diletakakan taman pada bagian kanan dan kiri karean tangga pada panggung terletak dibagian tengah panggung.
Ada beberapa tips guna tercipta Dekorasi pelaminan yang indah:
  1. Tentukan tema dekorasi yang anda anggap sesuai dengan karakter anda, bisa dari model dekorasi pelaminan ataupun nuansa warna dekorasi.
  2. Apabila anda menggunakan tenda dengan slayer pilih warna slayer yang mendukung tema dekorasi.
  3. Tentukan Posisi ideal letak arah hadap dekorasi terhadap pintu masuk utama.
  4. Gunakan elemen bunga dan daun segar untuk mempercantik resepsi pengantin baru, letakkan menyebar disemua bagian dekorasi.
  5. Perletakkan taman harus efektif sehingga tidak mengganggu sirkulasi menuju ke pelaminan pengantin.
 terimakasih telah datang ke blog saya :D
 Cek terus blog ini ya :D

No comments:

Post a Comment